Social Media Influencer Adalah: Definisi, Jenis, dan Kelebihannya

Sedang Trending 10 bulan yang lalu

Di era digital seperti saat ini, social media influencer adalah salah satu pekerjaan nan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Berbekal hubungan nan baik dengan followers, influencer media social mulai menarik perhatian para pembisnis online nan mau lebih dekat dengan audiensnya.

Faktanya, bekerja-sama dengan influencer media social di pandang sebagai langkah nan efektif dan efisien untuk memulai upaya online. Maka dari itu di bawah ini adalah beberapa penjelasan tentang social media influencer.

Social media influencer adalah orang-orang nan telah membangun individual branding nan baik di media sosial, sehingga mempunyai akses untuk menjangkau khalayak nan luas. Selain itu, influencer media social juga bisa membujuk orang lain untuk mengambil tindakan berasas rekomendasi dari mereka.

Faktanya, social media influencer adalah suatu perihal bisa berasal dari beragam latar belakang, mulai dari pelajar, blogger, model, penyanyi, komedian, hingga selebriti. Bahkan ada nan datang secara tidak sengaja dari konten viral nan pernah di buat.

Tips Mudah Mendapatkan Iklan Matched Content Google AdSense

Influencer media social adalah orang-orang nan mahir dalam memproduksi beragam jenis konten, termasuk memposting foto, video, serta cerita untuk menarik audiens mereka dari waktu ke waktu. Jika konten dan audiens mu cocok dengan apa nan mau Anda promosikan, maka kerjasama tersebut bisa menjadi pemasaran nan solid.

Di bandingkan dengan pemasaran konvensional seperti membagikan pamflet alias memasang iklan di surat kabar, bekerja sama dengan influencer media social bisa membuka kesempatan bisnismu di kenal masyarakat luas dalam waktu nan relatif singkat. Dan pastinya perihal itu bakal sangat membantu bisnismu.

Kamu bisa memisahkan beragam jenis influencer media social dengan langkah nan berbeda. Salah satu langkah nan paling umum memisahkan influencer media social adalah dengan memandang jumlah pengikut. Jenis-jenis influencer media social nan perlu Anda ketahui antara lain:

Mega Influencer

Mega social media influencer adalah seseorang nan mempunyai banyak pengikut di akun media sosialnya. Meskipun tidak ada aturan. Mengenai batas pengikut, sebagian besar influencer mempunyai lebih dari satu juta pengikut di satu platform media sosial. Mayoritas mega-influencer adalah selebriti nan terkenal secara offline, termasuk bintang film, musisi, apalagi atlet.

Makro Influencer

Makro-influencer rata-rata pengikut media social berkisar antara 40.000 hingga satu juta. Kelompok ini biasanya terdiri dari dua jenis. Mereka adalah selebritas nan belum sukses, alias master online nan dapat membangun banyak pengikut dibandingkan mikro-influencer pada umumnya.

Mikro Influencer

Mikro social media influencer adalah orang-orang biasa nan mempunyai 1.000 hingga 40.000 pengikut di satu platform media sosial. Belakangan ini, influencer media social jenis ini semakin populer. Hal ini terutama bertindak bagi Generasi Z, nan menghabiskan lebih banyak waktu di internet di bandingkan menonton televisi.

Nano Influencer

Jenis influencer media social terbaru nan dikenal adalah nano-influencer. Nano influencer ini mempunyai pengikut kurang dari 5.000. Namun, mereka condong mahir dalam mempengaruhi audiensnya. Oleh lantaran itu, beberapa brand memilih untuk bekerja sama dengan nano-influencer untuk menjangkau audiends nan lebih luas.

Memasarkan upaya melalui social media influencer adalah pilihan tepat untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, nilai influencer marketing relatif lebih terjangkau di bandingkan anggaran pemasaran konvensional. Apalagi jika Anda memilih bekerja dengan makro alias mikro influencer.

Di sisi lain, pengaruh pemasaran nan di berikan oleh influencer media social di terima lebih cepat. Dalam hitungan menit setelah konten promosimu di publikasikan, orang bisa dengan mudah tertarik untuk membeli produk/jasa bisnismu. Tentu saja kondisi ini otomatis bakal meningkatkan penjualan.

Meski mempunyai beberapa kelebihan, pemasaran melalui media social influencer juga mempunyai kekurangan. Pasalnya, pengikut influencer beragam. Kondisi ini membikin sulitnya menjangkau sasaran audiens.

Misalnya saja ketika Anda bekerja sama dengan mikro-influencer untuk mempromosikan produk ramah lingkungan dari bisnismu. Tentu tidak semua pengikut influencer tersebut tertarik dengan produk ramah lingkungan. Oleh lantaran itu, jangan berambisi semua follower nan memandang konten promosi adalah orang-orang nan menyukai produk nan di promosikan.

Jika Anda memutuskan mau menggunakan pemasaran influencer untuk mendorong konversi dan mengembangkan brand, pastikan untuk membikin rencana strategis untuk mencapai tujuan spesifik investasi. Beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari social media influencer adalah sebagai berikut:

Temukan Influencer Terbaik Di Nichemu

Hal pertama nan kudu Anda lakukan dalam pemilihan media social influencer adalah menemukan influencer media social paling terkenal di niche mu. Luangkan waktu di setiap platform media social untuk mencari akun terkenal nan memposting konten mengenai produk alias layananmu.

Catat nama dan jumlah pengikut di platform. Kamu mungkin juga mau mencatat bahwa mereka pernah mempromosikan produk di masa lalu, lantaran ini mungkin merupakan indikasi bahwa mereka terbuka untuk menjadi influencer bagi kamu.

Fokus Pada Pengaruh Mikro

Bekerja dengan mikro-influencer bisa menjadi langkah nan bagus untuk menargetkan topik tertentu dengan anggaran lebih kecil. Kamu sering kali bisa membelanjakan jumlah duit nan sama untuk beberapa mikro influencer di bandingkan satu makro influencer dan tetap melibatkan orang nan sama.

Mikro social media influencer adalah jenis influencer media social nan paling umum, dan bisa memberimu beragam pengikut dan kepribadian nan cocok dengan brand upaya nan Anda kelola.

Teliti Dalam Memilih Setiap Influencer

Setelah Anda mempunyai daftar influencer potensial, Anda perlu memandang masing-masing influencer terlebih dahulu. Saat Anda mempekerjakan influencer untuk mempromosikan brandmu, mereka menjadi duta brand untuk citramu.

Kamu pasti tidak mau mempekerjakan seseorang untuk mengiklankan produkmu hanya untuk mengetahui bahwa mereka telah membikin pernyataan kontroversial di platform tersebut sebelumnya bukan. Maka dari itu pilihlah beberapa pesaing kuat dari daftar awalmu .

Kemudian cobalah pelajari lebih lanjut tentang latar belakang, audiens, dan jenis konten nan mereka posting. Semakin banyak Anda belajar tentang calon mitra, semakin Anda bisa mencocokkan influencer dengan produk alias jasa dan tujuanmu.

Tetapkan Anggaran

Seperti halnya kampanye pemasaran lainnya, krusial untuk menetapkan anggaran terlebih dahulu. Jika ini adalah kampanye pemasaran influencer pertamamu, pertimbangkan untuk memulai dengan anggaran mini sebelum meningkatkannya.

Kemudian, ketika Anda mencari influencer untuk diajak bekerja sama, pertimbangkan anggaran. Kamu pasti mau menemukan nano-influencer alias mikro-influencer nan bakal memberi Anda untung atas investasi terbaik. Luangkan waktu untuk mempelajari tentang pemasaran influencer dan langkah terbaik membelanjakan uangmu, nan bakal memungkinkan Anda mengalokasikan anggaran dengan lebih baik.

Bersikaplah Spesifik Tentang Persyaratan Konten

Tips krusial social media influencer adalah menjelaskan secara spesifik apa nan Anda inginkan untuk influencer. Jika Anda membiarkan persyaratanmu terbuka, Anda mungkin tidak menyukai apa nan dibuat alias diposting oleh influencer.

Beri tahu mereka jenis konten apa nan mau Anda buat. Apa nan Anda mau mereka sampaikan, dan kapan kudu mempostingnya.

Dapatkan Persetujuan Secara Tertulis

Pastikan untuk spesifik, dan dapatkan persetujuan secara tertulis untuk menghindari perselisihan alias kebingungan. Dengan menuliskan semuanya sebelum pekerjaan dimulai, Anda bakal mempunyai arsip nan bisa Anda rujuk kembali sebagai panduan.

Salah satu langkah efektif untuk melakukan perihal ini adalah dengan perjanjian kerahasiaan (NDA) nan mencantumkan semua rincian perjanjianmu. Kemudian, kirimkan ini ke influencer dan minta mereka menjawab bahwa mereka telah meninjau arsip tersebut dan menyetujui semua poinnya.

Itulah pembahasan komplit mengenai social media influencer. Social media influencer adalah jasa nan di sediakan beberapa inflencer untuk meningkatkan kualitas upaya nan Anda kelola. Karena perihal ini bakal mempengaruhi laporan finansial bisnismu dan bakal berakibat pada keadaan finansial bisnismu.

Selengkapnya
Sumber Info Digital Marketing Dewabiz
Info Digital Marketing Dewabiz