Manfaat Brand Awareness & Cara Meningkatkan Brand Awareness

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Manfaat brand awareness dalam suatu upaya alias upaya tidak dapat dianggap remeh. Kesadaran merek alias brand awareness nan dibangun dengan baik dapat membantu suatu produk, upaya alias upaya untuk bersaing melawan kompetitornya.

Semakin dikenalnya produk nan Anda miliki semakin mudah Anda untuk menarik perhatian dari pengguna nan Anda tuju. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai pengertian brand awareness dan apa saja tingkatan dari brand awareness, dalam tulisan kali ini kita bakal membahas mengenai faedah brand awareness dan apa saja langkah meningkatkan brand awareness.

Apa itu Brand Awareness

Sedikit mengingat kembali nan sudah dibahas terdahulu, Brand awareness dapat diartikan sebagai keahlian konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan memandang karakter unik tertentu, seperti warna, logo, gambar, musik, jingle dan lainnya.

Semakin aware alias sadar seseorang bakal suatu merek, semakin mudah bagi seseorang untuk mengenali suatu merek alias brand. Pada tahapan alias tingkatan paling tinggi ialah Top Of Mind, suatu merek bakal berada pada urutan pertama dalam ingatan calon konsumen.

brand awareness

Manfaat Brand Awareness

Suatu produk, upaya alias upaya nan mempunyai brand awareness nan baik, bakal mempunyai kemudahan untuk dikenali oleh calon pelanggan. Tanpa adanya brand awareness nan terbangun dengan baik, produk alias merek upaya nan Anda miliki bakal tidak dikenali dan kalah oleh merek kompetitor.

Adapun beberapa faedah dari Brand Awareness nan dibangun dengan baik antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran calon pengguna atas keberadaan suatu merek produk, upaya alias usaha
  • Brand awareness nan dibangun dengan baik dapat menciptakan rasa trust alias percaya dari pengguna bakal suatu merek
  • Dengan membangun brand awareness, kita secara tidak langsung juga bakal membangun dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan, sehingga kecenderungan untuk beranjak ke merek lain lebih rendah
  • Dengan terbangunnya loyalitas pengguna dan semakin tingginya brand awareness, dapat membantu meningkatkan nomor penjualan nan berasal dari pengguna lama (loyal), maupun pengguna baru.

cara meningkatkan brand awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah mengetahui pentingnya membangung brand awareness dengan baik, tentu Anda bertanya gimana langkah untuk membangun dan meningkatkan brand awareness secara efektif. Berikut ini beberapa langkah untuk meningkatkan brand awareness:

Gunakan Logo & Tagline nan Menarik

Selain nama produk, upaya alias usaha, menggunakan logo dan tagline nan menarik juga dapat membantu membangun brand awareness. Logo dan tagline nan catchy, mudah diingat bakal lebih mudah menempel di ingatan pengguna alias konsumen.

Logo dan tagline sederhana pun dapat menjadi suatu brand awareness nan kuat andaikan dibangun dengan tepat. Misalnya saja logo dari Nike nan berbentuk swoosh, alias logo dari Apple nan berbentuk apel digigit.

Pastikan Website Terurus dan Terlihat Profesional

Selain logo dan tagline, salah satu nan perlu Anda perhatikan adalah website dari produk alias upaya Anda. Pastikan website nan Anda miliki terlihat ahli dan terurus. Website nan terlihat apa adanya dan tidak terurus bakal memberikan gambaran nan jelek untuk branding dari produk alias upaya Anda dan terkesan tidak ahli alias tidak terpercaya.

Manfaatkan Media Sosial

Untuk membangun brand awareness sekarang semakin mudah seiring majunya zaman. Anda dapat menggunakan beragam media sosial nan ada. Gunakan media sosial nan sesuai dengan jenis produk nan Anda tawarkan alias sesuai dengan upaya dan upaya nan Anda jalankan.

Gunakan Iklan Online

Untuk mencapai alias menjangkau audiens nan lebih luas, Anda dapat memanfaatkan sejumlah platform iklan online nan ada seperti Google Ads, FB Ads, hingga IG Ads. Anda dapat menampilkan iklan dari produk alias upaya ada di laman facebook, instagram hingga mesin pencarian google dan situs lainnya sesuai dengan sasaran audiens nan Anda pilih.

Tawarkan USP pada Produk Anda

Salah satu langkah untuk membangun brand awareness dapat dengan menawarkan suatu perihal nan unik dan menjadi pembeda dengan pesaing pada produk Anda. Apa nan tidak terdapat pada pesaing dan bisa Anda tawarkan dengan produk Anda.

Contoh misalnya salah satu USP pada produk Apple adalah ekosistem dari produk Apple nan saling terhubung baik antara iPhone, MacBook, iPad, Apple Watch.

Kolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer juga dapat menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini didukung dengan sosok influencer nan umumnya dapat menjangkau massa nan lebih banyak, dan sudah mempunyai kepercayaan dari pengikurnya di sosial media

Demikian penjelasan dari faedah membangun brand awareness serta beberapa langkah nan dapat dilakukan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness pada produk serta upaya dan upaya nan Anda miliki.

Selengkapnya
Sumber Info Tekno Bhinneka
Info Tekno Bhinneka